Something I want, I Must do it!

Kamis, 22 Desember 2016

Cara Memilih Pekerjaan untuk Fresh Graduate


Hai readers, bagaiman kabarnya?
Semoga baik ya J aamiin..

Sedikit kasih bocoran mengenai apa sih sebanarnya yang kita inginkan untuk masa depan?. Jika jawabannya akan menikah mah itu pasti ahahha. Lagian itu adalah hal yang wajib bagi seorang muslim dan muslimah dalam menjalankan perintah agama. Namun, jika bukan muslim dengan muslimah berati muslim dengan muslim atau muslimah dengan muslimah? Naudzubillahiminzalik.

Mulai ngelantur nih saya hahha, pasti kalau membicarakan masa depan suka keserempet hihihi. Back to the topic!

Ya, saya ingin membocorkan rahasia kegiatan saya akhir-akhir ini. Pertama, pkl 08.00 – 17.00 WIB jiwa raga saya ada di kantor (ciyeeh), alhamdulillah saya sudah menjadi Accounting dari salah satu perusahaan swasta di Jakarta yang liburnya hanya hari minggu (wkwkwk). Kedua, pkl 18.30 – 19.30 WIB saya mengajar Privat di rumah untuk adik-adik Sekolah Dasar di sekitar lingkungan rumah saya. Pertanyaannya kapan saya menulis? Jawaban saya adalah ketika diperjalanan pulang dari kantor ke rumah, kemudian di lanjut setelah mengajar Privat. Lelah? Tidak dong, kan sudah komitmen. Walau, jujur saja untuk 30 DWC ini saya tidak maksimal. Em,,, tapi sebenarnya sewaktu jilid 2 juga sih, karena disaat itu saya sedang mengerjakan skripsi sampai pola hidup saya salah hahaha

Malam jadi Siang, Siangpun jadi Malam.
Secara untuk membuat produk saja saya harus rekam suara saya dengan menunggu seluruh lingkungan saya diam. Bisa bayangin kan? Ketika itu kosan saya sedang di renovasi oleh tukang bangunan yang tiap pagi palunya membangunkan saya. Tapi tak masalah satu hari ada dua puluh empat jam kan? Tidak perlu banyak alasan untuk hal apapun. J

Nah, dari pada saya curhat lagi lebih baik saya memberikan gambaran atau wawasan untuk readers dan diri saya sendiri dalam memilih pekerjaan yang sesuai dengan diri anda lebih baik. Bukan ingin menggurui, hanya saja saya memilii unek-unek atas pengalaman saya saat ini.

1.    Pilih pekerjaan sesuai pasion kamu
Jujur saja, saya tidak suka pekerjaan yang berkontrak, saya lebih suka freelanch. Mengapa? Karena freelance yang saya temui lebih banyak gajinya dibanding yang berkontrak, hahha curcol dikit. Sebenarnya sih karena yang freelance itu pekerjaan yang sangat saya sukai, walau pahit bagaimanapun saya tetap jalani dengan senang hati. Tapi, bagaimana jika itu bukan pekerjaan yang tisak kita sukai atau diluar pasion kita? Sebenarnya bisa saja, cuma untuk diri saya pasti merasakan hal yang berbeda. Jika sedikit ada masalah ujung-ujungnya males kerja, ngeluh terus, sampai saya meliburkan diri dan mengajukan surat resign. Hahaha. Ini nyata banget loh, makanya sebelum kita para fresh graduate melamar pekerjaan kita harus telaah dulu, apakah pekerjaan ini sesuai dengan pasion kita?

2.    Pilih pekerjaan sesuai kapasitas dan kemampuan
Wah gaji disana besar, yasudah saya akan melamar.
Duh, belum bekerja saja kok mengaharapkan gaji duluan? Buktikan dulu dong kamu yang punya keahlian, jika sudah boleh deh tawar menawar dengan pimpinan (wkwkkwk). Jangan memaksakan kehendakmu dalam pekerjaan, jika tidak bisa untuk menjadi diposisi yang dibutuhkan, silahkan deh cari pekerjaan sesuai keahlian. Tapi, jika lulusan akademisimu berbeda dengan apa yang kamu lamar, namun kamu memiliki portofolio sesuai yang diharapkan oleh perusahaan, monggo deh silahkan untuk melamar dan berikhtiar.

3.    Pilih pekerjaan sesuai hobi
Nah kalo ini yang paling dinantikan. Tidak salah dong banyak orang yang memiliki pekerjaan sesuai hobi yang ia jalankan.
Hobi dan pasion beda loh ya (bisa dilihat pada tulisan saya disini (Mengupas Hobi) 
Tapi jangan terlena dengan pekerjaan sesuai hobi kita, biasanya hanya ada di sementara waktu. Tapi tenang, rejeki ada di tangan Tuhan.

Ketiga hali itu hanya sedikit reminder buat saya dan para readers semua. Untuk selebihnya kita serahkan pada Sang Maha Kuasa, yang terpenting itu adalah apapun pekerjaan yang kita kerjakan itu mendapat ridho dariNya, profesional, tanggungjawab, dan amanah.

#30DWCJilid3
#Day22



0 komentar:

© Rully nuR Rahim, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena