Something I want, I Must do it!

Kamis, 28 April 2016

cara menghilangkan vocal pada lagu

Hai,, apa kabarnya?

Semoga baik-baik ya,, Alhamdulillah deh kalo gitu..

Pernah gak sih kalian itu udah cari berbagai cara untuk memecahkan masalah, tapi.. akhirnya.. tidak-memuaskan?

Dan jawabannya cuma “sabar”…

Ya emang bener itu gengs, tepat banget jawabannya, cuma ya.. nyelekit kalo didenger, ahhahhaa
Jadi gini..

Hitungannya sih udah seharian natap laptop, buat nyari “gimana sih caranya menghapus vocal dari lagu atau video?” atau “cara membuat video karaoke” atau “cara menghapus vocal dari sebuah lagu” atau “membuat video karaoke” atau “download software karaoke” atau “download software audacity” atau “download software media player classic”. Hufyyyuuhh! Semuanya udah jadi keyword gue di google maupun di youtube, udah gue translate ke bahasa inggris, cina, jepang, hongkong, jerman, sampe ke bahasa kalbu.. Ahahahha lebay ye?

Tapi Bukan karena gue kurang kerjaan, ini nih demi SEKRIPSI. Maaf revisi – SKRIPSI (re: Perjuangan)

Sebenernya skripsi gak mau gue jadiin momok yang gimana-gimana akhir ini, cuma ini nyata banget men..

“loh? Kok skripsi apa hubungannya sama video karaoke?”
“eh rul, emang skripsimu apa sih?”
Oke, pertanyaannya ditampung dulu.
Sekarang dijawab boleh?

Ini lo rek,, aku buat media pembelajaran akuntansi, gawe lagu ambek stopmotion. Paham ra sampai sini?

Dan sudah konsul sama penguji (tapi berasa jadi pembimbing, ciyeeee… ciyyeeecchh ) empat lagu yang sudah dibuat dan eyke ingin mengajukan 4 lagu saja.

Kemudian dijawab, bahwa medianya dibuat sesuai saja dengan jumlah transaksi inti.
Kau tau? Transasksi intinya ada 7, ditambah kesimpulan materi dalam 1 lagu,  jadi 8, dan awalnya mau kesimpulannya dijadikan 3 lagu, biar genap 10. Tau kan kamu perasaan saya saat ini? Ditambah deadline penelitian disekolah 2 minggu lagi :9 . semangaatt!!!

Kemudian diijinkanlah saya untuk mengganti lirik lagu yang sudah ada menjadi lirik lagu akuntansi.

Kemudian, saya mencoba menghapus vocal dari sebuah mp3 dan mp4 kedalam berbagai software.

1. Adobe Audition
Kebetulan udah punya sepaket adobe jadinya nyoba cara  pake software ini dulu dengan, open 

this software, pilih file > open file (untuk pilih file mp3, harus dengan langkah ini, jika tidak, tidak dapat melangkah ke intruksi selanjutnya) > favorites > remove vocals.
Jika memuaskan render deh

2. Music creator
Kebetulan udah punya, terus sudah searching, dan ternyata software ini gak bisa untuk menghilangkan vocal. Next

3.  Audacity
Kebetulan download dulu, dan dapet dengan tipe 2.1.2
Langkahnya, masukan file lagu dari open file > effect > remove vocal.
Hasilnya? Sama saja belum memuaskan

4.Aimp
Ini adalah software biasa kita pakai untuk memutar mp3 maupun video. Karena Aimp yang saya punya itu berbahasa Thailand (seperti tulisan sansekerta), jadi tadi saya minta tolong teman untuk mengubah seperti musik karaoke, dan hasilnya masih belum memuaskan.

5. Winamp
Buka winamp > ctrl+P > DSP/Effect > Nullsoft… > configure.. > load > Justin-stupid stereo.. > enable proc.. (dicentang) > atur trianger > save .
Dan saya tidak berhasil.

6. Media Player classic
Drag video > play > audio track  > option > centang enable cosutume.. > hilangkan centang front ringht/left, bisa keduanya, sampai suara vocalnya hilang.
Ada beberapa yang bisa hilang vocalnya, ada yang tidak.
  
7. Karaoke video creator
mengInstal saja saya tidak berhasil L .

8.  Mungkin ada saran dari teman-teman?

Ya itulah pengalaman saya dengan software yang sudah kamu baca.

Sebenarnya saya tersadar dengan percobaan saya yang terakhir (Media Player classic). Kemudian saya coba lagi software dari atas, ternyata ada yang bisa dihilangkan vocalnya dengan hasil yang bersih (video yang disajikan untuk karaoke dan memiliki teks lirik didalam videonya, seperti) 

ada yang tidak bisa (mp3 dan mp4 kualitas yang rendah)

Jadi, trial and error saja ya J

Dan kamu!
Jangan putus asa ya. 
Untuk jalan keluarnya cari saja video karaoke dengan hanya menyajikan musik/instrumental lagu tanpa vocal, banyak kok di youtube/google,, :) (bukan solusi sepertinya)

Ya,, tapi,, jika itu memang cocok buat kamu sih.. Kalau tidak cocok jangan dipaksa ya,, mungkin kekecilan (bajunya.. ngomong opo to rul.. rul)

Em,, baru sadar dengan ke saya an dan ke kamu an ngomomngnya J
Sukron J




0 komentar:

© Rully nuR Rahim, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena