Something I want, I Must do it!

Senin, 11 Juni 2018

Seharusnya kita…


Seharusnya kita…

Pada dasarnya apa yang kita lakukan pasti akan dipertanggungjawabkan ketika di yaumul hisab. Dan yang kamu harapkan pada dirimu sediri pada hari perhitungan itu apa?
Banyak yang baik yang pernah kamu lakukan di dunia atau sebaliknya?
Semua orang pasti inginkan tempat terbaik di sisiNya.
Namun hal itu tidak instan kita dapatkan. Apakah dengan kita tidur seharian di kamar bisa mengantarkan kita dalam kebaikan nantinya? Apakah dengan diam tanpa karya bisa mendapatkan manfaat untuk diri sendiri dan oranglain? Apakah dengan hanya belajar tanpa memberikan ilmu akan bermanfaat? Apakah dengan membaca Al-Qur’an disela-sela waktu dapat membuat waktu kita terbuang percuma?

Teman, apa yang kamu tahu mengenai keberkahan waktu? Itu adalah ketika kita bisa melakukan banyak amal baik dalam waktu yang sedikit.

Menurutt Hadist Riwayat Muslim mengatakan bahwa, barang siapa yang bangun di pagi hari dan hanya dunia yang ia fikirkan, sehingga seolah-olah ia tidak melihat HAK ALLAH dalam dirinya, maka Allah akan menamkan empat macam penyakit padanya. Berikut empat penyakit yang dimasud:
1.    Kebinguangan yang tiada putus-putusnya,
2.    Kesibukan yang tiada pernah jelas akhirnya,
3.    Keperluan yang tiada pernah merasa dipenuhi,
4.    Khayalan yang tidak berujung wujudnya.

Jika kita telaah satu persatu begitu tidak berartinya kehidupan kita sehari-hari. Maka, yang sebaiknya kita lakukan apa? Shalat! Itu adalah hal yang sangat tidak bisa di tolerir. Yang belum biasa bangun pagi untuk shalat subuh maka ayo bangun! Gimana caranya? Tidur malam sebelum jam 11 malam maksimal. Ada fungsi yang berbeda selain kita akan bisa bangun pagi untuk shalat subuh, karena sekitar jam 11 malam itu ada hormon yang terbentuk hanya ketika sedang tidur. Manfaatnya, hormon ini menentukan kebugaran tubuh kita untuk hari esok. Nah, kebayang gak tuh jika kita selalu begadang terus? Sehari dua hari tiga hari hormon ini tidak terbentuk dalam tubuh kita sehingga metabolisme di dalam tubuh ini tidak berjalan sempurna. Efeknya imunitas tubuh kita melemah. Bahaya kan?

Setelah bisa bangun pagi untuk shalat subuh ayok naik kelas dengan tepat waktu mengerjakan shalatnya. Laki-laki diusahakan di masjid, untuk yang perempuan kalau memang dekat masjidnya monggo di masjid, tapi kalau tidak sebaiknya di rumah tidak apa-apa. Kalau sudah coba dengan shalat Qobliah Subuhnya atau Shalat Fajar yang dikerjakan setelah adzan subuh berkumandang dan sebelum shalat subuh dilaksanakan. Hadits dari ‘Aisyah dimana Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
رَكْعَتَا الْفَجْرِ خَيْرٌ مِنَ الدُّنْيَا وَمَا فِيهَا
Dua raka’at fajar (shalat sunnah qobliyah shubuh) lebih baik daripada dunia dan seisinya.” (HR. Muslim no. 725). Jika keutamaan shalat sunnah fajar saja demikian adanya, bagaimana lagi dengan keutamaan shalat Shubuh itu sendiri.

Dalam lafazh lain, ‘Aisyah berkata bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam berbicara mengenai dua raka’at ketika telah terbih fajar shubuh,
لَهُمَا أَحَبُّ إِلَىَّ مِنَ الدُّنْيَا جَمِيعًا
Dua raka’at shalat sunnah fajar lebih kucintai daripada dunia seluruhnya” (HR. Muslim no. 725).

Bagaimana teman-teman ingin mencoba? Ayok laksanakan! Tidak hanya di awang-awang.
Kalau sudah dicoba, naik kelas lagi dengan shalat qiyamul lail atau shalat malam dengan tahajud. Bagi saya ini adalah me time yang paling ditunggu-tunggu. Karena jika sudah mencapai ini saya merasa sudah bertarung dengan diri saya sendiri. Masya Allah akan memberikan dampak ketenangan hati. Dan Insya Allah, jika kita hidup semua karena Allah dengan melakukan hal yang kecil keinginan untuk berbuat negatif akan hilang begitu saja. Bahkan dampak positif dari diri sampai yang kita terima dari orang lain itu terasa banget. Coba deh gak akan nyesel!

Pelan-pelan dan sedikit demi sedikit ya, semisal ada yang tilawah hanya satu halaman tapi ia kerjakan itu setiap hari da nada yang tilawah hingga berlembar-lembar namun hanya dilakukan setiao sebulan sekali. Allah lebih suka dengan perbuatan baik kita yang sedikit tapi konsisten dikerjakan setiap hari dibanding banyak dan berlebihan tapi hanya dikerjakan hanya sekali.

BAW days 18

0 komentar:

© Rully nuR Rahim, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena