Something I want, I Must do it!

Kamis, 14 Juni 2018

Cara muslim/ah berkarakter dan memiliki prinsip


Cara muslim/ah berkarakter dan memiliki prinsip

Ada berbagai cara yang saya lakukam dengan ala saya sendiri untuk menjadi be a muslimah akhir jaman. Secara saya baru saja dalam berhijarah untuk meninggalkan keburukan yang pernah saya lakukan untuk masa depan yang harus saya perjuangkan. Dari meninggalkam hal yang membuat waktu saya tersita dengan sia-sia, tidak membuat ulah dan marah orangtua, mengganti pakaian saya dari rok pendek menjadi rok seharusnya seorang muslimah, yang tadinya suka catok dan kritingin rambut juga berponi sampai tak berponi menajadi pilihan sehari-hari, kali ini cukup disisir dan diikat agar tidak berantakan jika ditutupi kerudung yang menutupi hingga perut.

Berikut sedikit yang saya lakukan dalam menjajaki masa hijrah dihidup saya.

1.    Menambah wawasan rohani
Menjadi pemburu gajian biasa saya lakukan untuk mendaatkan teman (dengan tanda kutip). Menambah ilmu agama ini akan saya lakukan hingga nyawa ini tidak menyatu dalam raga. Banyak sekali manfaatnya untuk mengisi waktu kita menjadi kebermanfaatan untuk diri sendiri minimal. Jika ingin bemanfaat dengan oranglain ilmu yang didapatkan itu bisa kamu share kepada orang lain, tidak perlu rumit di sosmed salah satunya.

2.    Bersyukur apa yang dimiliki
Syukur masih di bawah dalam syukro. Jika syukur masih di tahap berterimakasih atas apa yang di brkan oleh Allah, namun Syukro sudah ada rasa terimakasih, menerima, hingga menjalani kehidupan dengan baik atas tahu semua ini pemberian dari Allah.

3.    Kokoh prinsip hidup yang baik
Membuat planning dalam hidupmu dengan akvitas yang baik dan bermanfaat. Disertai dengan keistiqomahan dirimu dalam menajalani planning yang sudah kamu buat. Contoh; goals hidupmu adalah masuk syurganya Allah, maka isi dengan kehidupanmu untuk menabung amal baik yang bisa menjadi pemberat di yaumul hisab.

4.    Punya keinginan/cita-cita
Kita arus memiliki keinginan atau cita-cita agar hidup kita terarah setiap harinya. Minimal ada rasa ingin. Minimal ada ingin untuk esok.

5.    Cari kesibukan dengan passion
Cari kesibukan sesuai dengan passionmu. Disini jangan lupa semua yang kamu jalani karena Allah agar semua yang kamu lakukan bernilai ibadah.

6.    Tetap harus membumi
Jika suatu saat dirimu diberikan rejeki berlimpah ruah, jangan lupa kamu tetap membumi dengan tidak melupakan ada hak orang lain dalam rejekimu, ada orang lain yang harus kamu bantu.

7.    Bersosialisasi (Bertetangga, Hindari bersosmed tidak penting)
Bersosialisasi bisa dengan bertetangga, minimal senyum dengan orang yang kamu temui. Dan hindari bersosmed yang tidak penting. Utamakan bersosmed untuk menjacari ilmu dan melihat konten positif untuk mendukung semua karyanya. Bisa saja kamu membuat karya di sosmed untuk menmbah koten positif disana.

Jika sudah melakukan hal yang tidak baik?
1.     
Bertaubat (Tidak mengulang perbuatan, Allah Maha Pengampun, Ucapkan kata sayang ortu)
Berjanji untuk tidak mengulangi perbuatan yang tidak baik di taruh di belakang sana karena sebesar apapun dosa dari apa yang kamu perbuata akan diberikan ampuanan oleh Allah SWT. Dan mencoba untuk bilang kata sayang atau cinta kepada orangtua sebagai penegasan di hatinya.
2.      Meminta maaf kepada ortu
Ini jalan yang paling baik karena ketika jomblo syurgamu ada di orantuamu dan ketika sudah halal untuk yang perempuan syurgamu ada di suamimu. Maka untuk yang jomblo jangan ragu minta maaf sama orangtua. Kita sebagai anak pasti banyak salahnya. Karena ridho kita dalam melangkah ada di tangan orang tua. Jika hubungan kita degan orangtua saja tidak baik bagaiaman Allah bisa ridho atas apa yang kita lakukan dan kerjakan.

3.      Istiqomah (Cari teman yang soleh/ah, Infaq/sodaqoh)
Hal utama untuk beristiqomah adalah mencari teman agar ada yang mengingatkan. Lebih baiknya temukan pacar halal untuk saling mengingatkan dalam hal ibadah.
Oh saya mau menikah biyar ada yang selalu ingetin tilawah setiap hari
Oh saya mau menikah kalau mau qiyamul lail ada yang bangunin
Oh saya mau menikah biar ada yang bantu saya menuju jannahNya
Jangan lupa bawa Allah dalam setiap urusan kita ya guys.
Kemudian Infaq, shodaqoh adalah sebagai pelici terkabulnya doa-doa kita.
4.      Setiap orang memiliki jalan masing-masing (Kisah orang dalam buih, Kisah teman menjalani hukuman penjara, Hikmah setelah mereka keluar dari penjara)
Ada orang yang berhijrah ketika ia cuma melihat nenek pemulung yang sedang mencari sampah, ada orang yang berhijrah karena mendengar kalimat Allah SWT, bahkan ada orang yang berhijrah ketika ia masuk dalam buih.
Hidayah Allah datang dari mana saja. Tidak mengenal tempat dan waktu seperti kematian. Maka sebelum kematian menjemput kita, mari kita menjemput hidayah itu dari mana saja. Dimulai dari masjid. Disitulah banyak nikmat dan berkat yang berlimpah dari Allah SWT.


BAW Days 24

0 komentar:

© Rully nuR Rahim, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena