Something I want, I Must do it!

Senin, 05 Juni 2017

Masjid Muhammad Cheng Hoo

Adalah Masjid yang membuat saya terpikat pada saat di Pasuruan, Jawa Timur. Menurut sumber, Masjid Muhammad Cheng Hoo ini selain di Pasuruan juga ada di dua kota lain yaitu Surabaya dan Palembang.

Arsitektur dari Masjid ini memang terlihat sekali kental dengan Budaya Cina, berupa warna khas yang mereka miliki yaitu merah, kuning, dan hijau. Namun jangan salah loh masjid inipun memiliki unsur budaya Jawa dan Islam. Dengan atap yang merupakan perpaduan budaya Cina dan Jawa kemudian ditambah nuansa islami dengan kaligrafi lafadz Allah dan kalimat Tauhid yang terukir pada dinding masjid.

Awalnya saya heran mengapa dinamakan "Cheng Hoo", dan ternyata itu adalah nama laksamana Muslim terkenal asal Tiongkok yang melakukan ekspedisi bersejarah pada 1404-1443 yang terlahir sudah menjadi seorang Muslim.

Masya Allah, ingin sekali mengorek-ngorek sejarah mengenai masjid ini. Terlihat indah sekali bukan? Atau hanya karena saya menyukai warna merah? (tetep narsis). Duh.. duh.. jangan salah ternyata masjid inipun menjadi Icon Kota Pasuruan, tidak sedikit yang rela datang dari luar kota untuk singgah di masjid ini.

Sedikit Fakta yang saya ketahui mengenai sejarah masjid ini yang bersumber dari Mi’raj Islamic News Agency (MINA). Misi pelayaran Laksamana Muhammad Cheng Hoo untuk menyebarkan agama Islam kepada penduduk setempat Tionghoa.
Laksamana Cheng Hoo sangat dihormati, bukan saja oleh Muslim Tionghoa, tapi warga Tionghoa umumnya.

Kedatangan Laksamana Cheng Hoo di Kerajaan Majapahit merupakan fakta bahwa Islam bukanlah sesuatu yang baru bagi masyarakat Cina. Bahkan sebelum Islam masuk ke daerah Jawa, agama Islam sudah lebih dulu diyakini masyarakat  di Cina.

Sumber: https://www.google.co.id/amp/mirajnews.com/2016/04/mengenal-masjid-muhammad-cheng-hoo-di-pasuruan-jawa-timur.html/amp

......


0 komentar:

© Rully nuR Rahim, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena