Something I want, I Must do it!

Minggu, 07 Juli 2013

Ada yang mau resep Pempek?

Ada yang mau resep Pempek?


Kali ini PEMPEK ala MONA ... lihat bentuknya aja udah gak jelas tuh... ahahah J

Hari ini kita bertiga (Gue, Kiki, Aay) punya scedule bikin pempek. Makanan khas palembang ini memang kesuakaan gue banget deh pokonya. Kita mau buat karena terinspirasi dari Pak Zakir (karyawan ditempat kerja gue). si cowo kece ini jago banget masak, gue aja sampe iri banget kalo dia pegang penggorengan sambil nyanyi dangdut yang liriknya gini, “aku bukan janda lebay tapi janda galak”,,,  kalo gak salah sih gitu liriknya eh tapi bener gak ya? Ahahhahaa..., gue selalu ngakak kalo denger dia nyanyi gitu. Kalo gak  nyanyiin tentang janda eh nyanyiin buaya buntung dah. Waahh pokonya gokil si pak zakir.

Okkeh next kembali ke Pempeknya. Si Mona pesek ini (aAy) katanya sih bisa masak pempek, dan gue mau nantangin dia, bener gak tuh  bisa bikin atau enggak?. Hemm,,,, ternyata gue kasih kelingking deh buat dia *loh ko? Biar dia gak terbang aja gue kasih kelingking # Padahal mah gue di ajarin sama abangnya.
Langsung aja ya, pertama kita siapkan bahan-bahannya dulu, seperti:

*untuk bahan pempeknya:
-       -   Sagu 1 kg                                            
-       -   Bawang putih, ketumbar, garam   
      *untuk bahan kuah pempeknya:
-       -   Garam, cabe, bawang putih, ebi, asem, gula merah          

Cara pengerjaannya..

1. Ulek bawang putih, ketumbar, dan garam, semua itu ulek jadikan satu
      2. Tuang sagu pada baskom, sedikit demi sedikit dan campurkan sagu dengan bumbu yang telah di ulek hingga merata dan terlihat menjadi adonan yang padat
      3. Setelah adonan padat, kita bentuk pempek sesuai selera dan isi dengan selera anda sendiri, bisa isi pakai telur, ikan, dll.. exp:


     4. Kemudian rebus semua adonan hingga matang
     5. Setelah pempeknya jadi, kita buat kuah pempek dengan cara ulek-ulek lagi dah tuh cabe, Bawang putih, ebi, sama asemnya.
     6. Setelah halus bumbunya dimasak dengan air hingga mendidih, tapi sebelum airnya mendidih campurkan dengan gula merah yang sudah di iris-iris terus masukan ke kuah setengah mateng itu, dan aduk-aduk terus deh.  Alhasil Heemmm,,, wangi......
     7. Selesai. Gampang kan? Ini hasilnya....



Ayo ada yang mau coba gak bikin pempek? Ini gue kasih cara yang sederhana loh. Kalo mau lebih enak lagi adonan pempeknya dikasih terigu biar gak terlalu capek dikunyah. Dan kuah pempeknya dikasih kecap sedikit aja.

Okkeh mungkin ini aja yang bisa gue kasih, kalo ada pertanyaan tolong isi kolom komentar aja ya. Maklum masih tahap belajar  Ehhehe J gumawo J

Tunggu scedule MONA selanjutnya...



0 komentar:

© Rully nuR Rahim, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena