Something I want, I Must do it!

Kamis, 02 Maret 2017

Metamorfosa Kehidupan


Rully sekarang pake kerudung..
Sudah berhijab ya sekarang..
~ Alhamdulillah, berkat doa kalian..

Ciyeee.. Jadi ukhti-ukhti sekarang , Assalamualaikum Ukh..
~Waalaikumsalam wr. wb, apa kabar?

Rul, kok pakaianmu bisa kaya gini sih?
~ hehehe, udah lama sih ada niatnya. Nah baru sekarang-sekarang ini deh terlaksana (2015)

li, lo ikut aliran apaan?.. (disambut cengingisan)
~ hahahha, aliran. Aliran listrik keles~

Rul, lo insyaf?
~ Iya nih, giliran lo kapan?

“Ya ampun lii, lu kepantai aja pake rok panjang bener!, hahahha”
~ Gak apa-apa, anti mainstream. Hahaha

Beginilah cuplikan hidup saya untuk berubah. Menjadi baik pastinya, lebih baik, dan lebih baik lagi. Mungkin hal ini masih belum seberapa dibanding realita yang saya alami. Sampai-sampai pernah saya berbicara kepada sahabat saya,
“gue begini, lo masih jadi temen gue kan?”, dan sahabat saya menjawab, “lo apa-apaan sih rul ngomong kaya gitu dah”. Saya ucap, alhamdulillah akhirnya masih ada yang mau menerima perubahan saya. (2010)

Pernah kerudung saya di jiwit  oleh teman saya ketika kita bertemu kembali.
“Rully, lo pake kerudung?, caiillaaah alim amat!. Wahahha”.
Jika teman-teman ada di posisi saya kalian akan menjawab apa?
Saya saat itu hanya bisa tertawa saja loohh.. karena tidak ada lagi jawaban menurut saya selain terdiam lalu tertawa. (2009)

Mulai saat itu sedikit demi sedikit saya mencari kenyamanan dalam berkomunikasi dengan orang lain, mencari tempat dimana Rully yang seharusnya, mencari segala untuk belajar, mendalami dan tetap itiqomah.

Ada sahabat saya yang bertanya,
“Rul, lo bisa kaya gini tuh kenapa?, awalnya tuh gimana?”
~ Awal ketika pakai kerudung maksudya?
Dari pesantren ramadhan di sekolah, guru gue yang perempuan tuh ceramah. Kebetulan beliau guru favorite gue. Beliau menceritakan, ada seorang anak perempuan yang suka keluar rumah dengan baju yang kurang bahan, tau kan baju yang kurang bahan kaya apa?. Beliau bilang, anak perempuan tersebut pasti kalo di jual murah. Paha ayam di pasar aja berapa duit tuh kalo dibeli?. Nah, kalau paha kamu perempuan dipajang kaya paha ayam dapet berapa?. Kalo bayarannya mahal, tapi kalo gratisan? Rugi kan?.
Terus gue jawab dalam hati, kalo semisal gue jadi model internasional pastilah gue bayarannya mahal. Eh tapi, itu tidak memungkinkan, hahhaha.
Kemudian guru gue seolah-olah bisa denger omongan yg di dalam hati itu, dan beliau berkata lagi, sama saja walau kita menjadi model internasional sekalipun dengan memperlihatkan anggota tubuh di khalayak umum, di mata Allah SWT tetaplah sama dengan perempuan cabe-cabean (dulu bahasanya bukan cabe-cabean, efek lupa).

“Terus lo sekarang pake rok-rok gini, dapet hidayahnya gimana rul?”
~ Sama kaya lo, niatnya udah lama, tapi alhamdulillah dua tahun terakhir berusaha untuk istiqomah. Berawal dari nyokap yang bergamis tapi masih belum syar’i. Kemudian gue protes, “Mah, udah seharusnya pake kerudung panjang, badannya kebentuk banget!”. Nah, disitu tiba-tiba keingetan sama kata-kata, kalau kita mengingatkan orang lain, berarti kita juga mengingatkan diri sendiri. Disitu deh mulai istiqomah berdua sama nyokap sampai sekarang. Memang awalnya ada rasa maluuu banget karena gue sendiri suka ngetawain orang kalo dia pake rok. Ya Allah, masa-masa itu gue dzalim banget!. Tapi lama kelamaan gue kudu lawan diri gue untuk ngelawan rasa malu tersebut, dan ternyata bisikan untuk mengurungkan niat itu hanya ada di awal, coba deh. Tidak sampai disitu saja, gue pernah dikira masuk organisasi ini lah, itu lah, aliran ini, itu lah. Tutup kuping deh pokonya.

“Masa sih sampe segitunya ada yang ngira lo masuk sana sini?”
~ Yah namanya manusia, ada yang suka sama kita ada juga yang enggak. Ada yang dukung, ada yang enggak. Hitam dan putih pokonya. Gue cuma bisa memaklumi aja kalau ada yg ngira aneh-aneh gitu. Disini gue menekankan bahwa bergabung dengan organisasi tertentu bukan hal yang tidak baik, kecuali ya kecuali. Ngertilah. Jadi, menurut gue, kita tidak perlu menjelaskan detail kehidupan kita, karena manusia adalah tempatnya salah, tempatnya orang lain berkomentar. Tapi jika diri ini ingin berkomentar, berusaha untuk tunda dan tunda. Dengan cara apa? Memaklumi pola pikir orang lain terhadap kita atau sebaliknya. Belum tentu yang terlihat ceria hatinya ceria, yang terlihat judes hatinya jahat, dsb. Pemakluman kita terhadap orang lain memperlihatkan kacamata perbedaan menjadi baik. Dan jika ada yang berubah atau berbeda dari orang lain besarkan saja Jiwa Memaklumi dengan sikap santun dan menghormati. Bukan malah dicaci, menyebar hoax, apalagi diskriminasi. Kalau perlu ajak dia ngopi, biar tau apa yang engkau rasakan saat ini, hhaahhah.

“Lo mantai aja pake rok ya rul?”
~ Anda tepat sekali!, semenjak 2 tahun terakhir ini deh gue nge-rok. Tapi pernah nge-gunung pake celana training, tapi tuh celana gedeee banget. Sepedahan sama lari juga gue masih pake celana training, tapi yah aman deh, InsyaAllah.

“Pake kerudung rul?, nggak gerah?”
~ Jelas lah pake kalo enggak, sebelum gue dilaknat sama Allah, dilaknat duluan sama bonyok gue! Hahhaa.
Memangnya hakikat utama perempuan untuk berkerudung itu apa sih?, kalau bukan menyuruh perempuan untuk keluar rumah?. Iya atau enggak?.
Jadi buat gue gak masalah banget, mau berenang, mantai, gunung, olahraga dan kemana aja pakai kerudung juga syar’i. InsyaAllah, dimanapun kita berada dan disituasi apapun itu kita dilindungi olehNya.

Aamiin...


3 komentar:

Silviana Noerita mengatakan...

Senang melihat Uli yang sekarang. btw, kapan ya ada kesempatan berjumpa.

Unknown mengatakan...

Semoga bertambah dan terus istoqomah sampai akhir

rully nur rahim mengatakan...

Maaf mba, baru setting blog lagi, hehe baru tau ada komen mba siill... aaaa.. rindu mba sil @silviana

Insya Allah mba, kita bakalan ketemu laaagiiii..


kak esa @esa makasih ka esaaa

© Rully nuR Rahim, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena